Penelitian Mahasiswa
Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Kelompok A TK Plamboyan Mekar Desa Tanjung Sawit (Penelitian Tindakan Kelas)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui kegiatan permainan kartu angka pada anak kelompok A TK Plamboyan Mekar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 20 anak Kelompok A TK Plamboyan Mekar yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (chek list) dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan setelah pembelajaran melalui kegiatan permainan kartu angka. Hasil observasi pada Pra tindakan diperoleh 31,66% dalam kriteria belum berkembang selanjutnya pada Siklus I diperoleh 54,16% dalam kriteria mulai berkembang, pada Siklus II diperoleh 66,25% dalam kriteria berkembang sesuai harapan dan pada Siklus III diperoleh 81,25% dalam kriteria berkembang sangat baik. Langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak adalah guru mempersiapkan media permainan kartu angka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Plamboyan Mekar Desa Tanjung Sawit.
Kata kunci: Kemampuan, Mengenal Lambang Bilangan, Permainan Kartu Angka
S001537 | 09 20-17 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain