Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Kartu Angka (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Kelompok B TK Naga Beralih)
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal
konsep bilangan melalui media kartu angka pada anak kelompok B TK Naga
Beralih. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang
memiliki kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 adalah (BB) 72,9%, (MB)
14,2%, (BSH) 7,9%, dan (BSB) 4,7%. Siklus I pertemuan I mulai berkurang
menjadi (BB) 42,8% (MB) meningkat 36,42%, (BSH) 12.6% dan (BSB) 6,3%, dan
pada Siklus I pertemuan II berkurang lagi menjadi (BB) 20,6%, (MB) 46%, (BSH)
21,5% dan (BSB) 11%, Siklus II pertemuan I berkurang lagi menjadi (BB) 1,5%,
(MB) 12,6%, (BSH) 39,6% dan (BSB) 55,5% sedangkan pada siklus II pertemuan
II semakin berkurang menjadi (BB) 0%, (MB) 4,7%, (BSH) 9,5% dan (BSB)
sangat meningkat menjadi 88,8%, Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan media kartu angka dapat meningkatkan
kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B TK
Naga Beralih.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Media, Kartu Angka,
Kelompok B TK Naga Beralih.
S001529 | 09 20-09 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain