Penelitian Mahasiswa
Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Bermain Bowling aritmatika Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A TK AnNur Ujung Padang Kampar Utara (Penelitian Tindakan Kelas Pada Naka TK AN-Nur)
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya perkembangan kognitif di
TK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan
bermain bowling aritmatika pada anak usia 4 – 5 tahun TK An-Nur Ujung Padang
Kampar Utara. Untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan kognitif
melalui kegiatan bermain bowling aritmatika pada anak usia 4 – 5 tahun TK AnNur Ujung Padang Kampar Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah
tindakan yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama
dengan jumlah anak sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki –
laki dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti yang
telah di uraikan di peroleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu
perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di TK An-Nur Ujung Padang Kampar
Utara sebelum penerapan bermain bowling aritmatika berkriterian kurang artinya
secara klasikal atau secara umum perkembangan kognitif belum berkembang.
Sesudah mulai bermain bowling aritmatika pada siklus I dan II berkriteria baik yang
artinya secara klasikal atau secara umum perkembangan kognitif sudah
berkembang sangat baik. Dalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatan yang
diperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus I peningkatan sebesar 32,8 %.
Sedangkan peningkatan perkembangankognitif dari siklus I dab II sebesar 48,8%
dan secara keseluruhan peningkatan perkembangan kognitif dari siklus I ke siklus
II sebesar 97,8%.
Kata kunci : Bermain Bowling Aritmatika, Perkembangan Kognitif
S001528 | 09 20-08 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain