Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Melalui Bermain Bowling aritmatika Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A TK AnNur Ujung Padang Kampar Utara (Penelitian Tindakan Kelas Pada Naka TK AN-Nur)

Putri Rahayu - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya perkembangan kognitif di
TK An-Nur Ujung Padang Kampar Utara. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan
bermain bowling aritmatika pada anak usia 4 – 5 tahun TK An-Nur Ujung Padang
Kampar Utara. Untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan kognitif
melalui kegiatan bermain bowling aritmatika pada anak usia 4 – 5 tahun TK AnNur Ujung Padang Kampar Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah
tindakan yang sengaja di munculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama
dengan jumlah anak sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki –
laki dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
teknik persentase. Dari hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan seperti yang
telah di uraikan di peroleh kesimpulan terhadap hasil penelitian ini yaitu
perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di TK An-Nur Ujung Padang Kampar
Utara sebelum penerapan bermain bowling aritmatika berkriterian kurang artinya
secara klasikal atau secara umum perkembangan kognitif belum berkembang.
Sesudah mulai bermain bowling aritmatika pada siklus I dan II berkriteria baik yang
artinya secara klasikal atau secara umum perkembangan kognitif sudah
berkembang sangat baik. Dalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatan yang
diperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus I peningkatan sebesar 32,8 %.
Sedangkan peningkatan perkembangankognitif dari siklus I dab II sebesar 48,8%
dan secara keseluruhan peningkatan perkembangan kognitif dari siklus I ke siklus
II sebesar 97,8%.
Kata kunci : Bermain Bowling Aritmatika, Perkembangan Kognitif


Ketersediaan
S00152809 20-08Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
09 20-08
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
09 20-08
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
penelitian Mahasiswa S1 PGPAUD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik