Penelitian Mahasiswa
Upaya meningkatkan hafalan Bacaan dan Gerakan Sholat Dengan Media Audio Visual (Video) Di TK Asmaul Husna Tapung Hilir (Penelitian Tindakan Kelas)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan bacaan dan gerakan sholat pada anak didik kelompok B TK Asmaul Husna. Hal ini dilakukan karena masih lemahnya kemampuan anak didik dalam pembelajaran sholat. Metode dan media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak didik tersebut adalah metode demonstrasi dengan media audio visual. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1)perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran sholat dilaksanakan dengan cara: video diputar, anak didik memperhatikan tayangan video sholat, kemudian guru memberikn penjelasan lisan, setelah itu anak didik menirukan secara bertahap dari gerakan satu ke gerakan yang lain, mulai takbirotul ihrom sampai salam. 2) hasil dari penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual pada kelompok B TK Asmaul Husna dalam pembelajaran sholat mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan kemampuan praktek sholat terlihat dari kemampuan awal pra tindakan 42%, meningkat menjadi 57% pada siklus I dan mengalami
peningkatan menjadi 74% pada siklus II. Dengan demikian metode demonstrasi dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan bacaan dan gerakan sholat untuk anak didik kelompok B TK Asmaul Husna. Kata kunci: Kemampuan bacaan dan gerakan sholat,dengan media audio visual
S001524 | 09 20-04 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain