Penelitian Mahasiswa
Mutia Lutfina. 2020: Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Pada Anak Kelompok A Tk Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara (Penelitian Tindakan Kelas Pada Aspek Kemampuan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui
permainan pohon huruf pada anak kelompok A TK Kasih Ibu Kecamatan
Kampar Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Penilitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali
pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4 – 5 tahun TK
Kasih Ibu Kecamatan Kampar Utara yang berjumlah 15 anak, 7 anak laki – laki 8
orang anak perempuan. Objek penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan mengenal huruf dari a – z. Teknik pengumpulan data melalui
observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan atau yang dilakukan secara
deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus
berlangsung selama dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
anak yang memiliki kemampuan mengenal huruf a – z meningkat setelah adanya
tindakan. Hasil observasi pada tahap pratindakan, anak yang berkembang sesuai
harapan 2 orang anak ( 13,3%). Kemampuan anak pada siklus I yang berkembang
sesuai harapan masih sama dengan pratindakan, yaitu 2 orang anak (13,3%). Pada
siklus II kemampuan anak yang berkembang sesuai harapan berjumlah 11 orang
anak (73,3%) dan pada siklus II ini kemampuan anak yang berkembang sangat
baik memcapai 2 orang anak (13,3%). Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulakan bahwa melalui media permainan pohon huruf dapat meningkat
kemampuan mengenal huruf di kelompok A usia 4 – 5 tahun TK Kasih Ibu
Kecamatan Kampar Utara.
Kata Kunci: Mengenal Huruf, Pohon Huruf, TK Kasih Ibu
S001521 | 09 20-01 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain