Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV A SD Harapan Utama (Studi Kuasi Eksperimen Pada Pelajaran IPA Materi Gaya Kelas IV A SD Harapan Utama Batam)

Lita Sapriyanti - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan pendekatan saintifik yang masih
mendominasi dalam setiap pembelajaran IPA pada kurikulum 2013
mengakibatkan banyak siswa yang belum mampu mencapai KKM. Oleh sebab
itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking
Stick terhadap hasil belajar IPA materi gaya siswa kelas IV A SD Harapan Utama
Batam. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dengan Pretest Posttest Control
Group Design. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa kelas eksperimen yang
menerapkan model pembelajaran Talking Stick dan 23 siswa kelas kontrol yang
menerapkan pendekatan saintifik. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrument tes hasil
belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya
pembeda dan tingkat kesukarannya. Analisis data menggunakan uji t
menggunakan program SPSS for windows version 24.0 Uji hipotesis
menggunakan rumus polled varians uji-t/2 sampel. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick
terhadap hasil belajar IPA materi gaya siswa dengan hasil nilai probabilitas
signifikan (Sig.) sebesar (0,014) < (0,025). Maka dapat diambil kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Tema 7
Subtema 1-3.
Kata Kunci: pengaruh, talking stick, hasil belajar


Ketersediaan
S00151908 20-77Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-77
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-77
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Hasil Belajar
Pengaruh
Talking Stick
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik