Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV A SD Harapan Utama (Studi Kuasi Eksperimen Pada Pelajaran IPA Materi Gaya Kelas IV A SD Harapan Utama Batam)
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan pendekatan saintifik yang masih
mendominasi dalam setiap pembelajaran IPA pada kurikulum 2013
mengakibatkan banyak siswa yang belum mampu mencapai KKM. Oleh sebab
itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking
Stick terhadap hasil belajar IPA materi gaya siswa kelas IV A SD Harapan Utama
Batam. Jenis penelitian ini adalah ekperimen dengan Pretest Posttest Control
Group Design. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa kelas eksperimen yang
menerapkan model pembelajaran Talking Stick dan 23 siswa kelas kontrol yang
menerapkan pendekatan saintifik. Teknik Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrument tes hasil
belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya
pembeda dan tingkat kesukarannya. Analisis data menggunakan uji t
menggunakan program SPSS for windows version 24.0 Uji hipotesis
menggunakan rumus polled varians uji-t/2 sampel. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick
terhadap hasil belajar IPA materi gaya siswa dengan hasil nilai probabilitas
signifikan (Sig.) sebesar (0,014) < (0,025). Maka dapat diambil kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Tema 7
Subtema 1-3.
Kata Kunci: pengaruh, talking stick, hasil belajar
S001519 | 08 20-77 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain