Penelitian Mahasiswa
Penerapan Model Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Siswa Kelas V SDN Negeri 007 Pulau Lawas Kec. Bangkinang)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap
pembelajaran tema organ gerak hewan dan manusia dengan menerapkan model Role
Playing di SDN 007 Pulau Lawas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya
minat belajar pada siswa kelas V yang mana berjumlah 14 orang yang terdiri dari 6
siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penerapan penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa angket, lembar observasi
aktivitas guru dan siswa serta dokumentasi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui
terdapatnya peningkatan dalam minat belajar siswa pada tema organ gerak hewan dan
manusia. Sebelum tindakan, ketuntasan hasil minat belajar siswa hanya mencapai
35,26 % dalam kategori sedang. Dalam melaksanakan siklus 1 Pertemuan 1
ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 38,27 % kategori sedang. Siklus 1 Pertemuan
2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 45,55 % kategori sedang. Pada siklus 2
Pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 58,92 % kategori tinggi.
Sedangkan dalam melaksanakan siklus 2 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa
mencapai 77,36 % kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
dengan penerapan model Role Playing dapat meningkatkan minat belajar siswa
sekolah dasar.
Kata Kunci: Minat Belajar, model Role Playing, tema organ gerak hewan dan
manusia.
S001518 | 08 20-76 | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain