Penelitian Mahasiswa
Kajian Literatur Pengaruh Model Learning cycle Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa sekolah dasar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Learning cycle terhadap
hasil belajar tematik terpadu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kajian
literature. Tahapan kajian literature ini adalah pengumpulan data, reduksi data,
display data, pembahasan, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari
6 artikel dari tahun 2010-2020 tentang model Learning Cycle dan hasil belajar
didapat 1 artikel yang sesuai dengan judul. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang
dilakukan peneliti tentang pengaruh model Learning Cycle terhadap hasil belajar
tematik terpadu disekolah dasar, didapat peningkatan hasil perhitungan thitung
sebesar 9,46 dan nilai ttabel dengan taraf signifikasi 1% adalah 2,44. thitung ≥ ttabel,
atau 9,46 ≥ 2,44. Maka dapat disimpulkan model learning cycle dapat meningkatkan
hasil belajar tematik terpadu disekolah dasar.
Kata Kunci: Literatur, Learning Cycle, Hasil Belajar
S001517 | 08 20-75 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain