Penelitian Mahasiswa
Pengembangan Media pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD (Penelitian PengembanganMedia Pop-Up Book Pada Materi bangn Ruang di Kelas V SD Negeri 013 Kumantan)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pop Up Book untuk
materi Bangun Ruang kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat peserta didik dalam pembelajaran
matematika khususnya pada materi Bangun Ruang. Saat pembelajaran guru hanya
menggunakan buku cetak dan LKS, sehingga peserta didik merasa bosan dan
tidak tertarik untuk belajar. Untuk itu, perlu adanya pengembangan media pop up
book agar peserta didik semangat dan lebih tertarik lagi untuk belajar. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model
pengembangan penelitian ini menggunakan model Plomp dengan tiga fase, yaitu
preliminary research dan prototyping phase dan assessment phase. Tapi karena
adanya kendala waktu dan keadaan maka hanya dilaksanakan dengan dua fase,
yakninya preliminary research dan prototyping phase. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas V SD dengan objek penelitian pengembangan media pop-up
book. Media pop-up book ini telah divalidasi dan dipraktisi oleh para ahli. Yang
terdiri dari lima orang validator dan dua orang praktisi. Jenis data pada penelitian
yang akan dilakukan terdiri data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa tingkat validitas produk pengembangan media pop-up book
pada materi dan bahasa adalah sangat valid dengan rata-rata nilai 4,67 untuk
materi dan 4,28 untuk bahasa oleh para ahli. Media dikatakan valid jika nilai ratarata minimal yang diperoleh lebih dari 2,40. Sedangkan tingkat praktikalitas
produk pengembangan media pop-up book adalah sangat praktis dengan rata-rata
penilaian dari siswa 96,2% dan rata-rata penilaian dari guru 96,6 %. Media
dikatakan praktis jika target pencapaian nilai praktikalitasnya berada pada
persentase 75% sampai 100 %. Sehingga media tersebut dapat digunakan dan
dimiliki oleh guru dan peserta didik. Dengan demikian media pop-up book pada
materi Bangun Ruang kelas V SD dikategorikan valid dan praktis.
Kata Kunci: Media Pop-up Book, Bangun Ruang
S001515 | 08 20-73 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain