Penelitian Mahasiswa
Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan 2020: Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru
Penelitian ini dilakukan karena maraknya bullying di dunia pendidikan terutama sekolah
yang menyebabkan siswa kesulitan dalam melakukan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini mengguakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket perilaku bullying dan kemampuan interaksi sosial. Uji validitas instrumen menggunakan expert judment kemudian di uji cobakan kepada responden dan di analisis menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menghasilkan indeks reliabilitas sebesar 0,681 untuk variabel perilaku bullying dan 0,839 untuk variabel kemampuan interaksi sosial. Teknik analisis data menggunakan rumus Korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai korelasi antara variabel X dan Y dengan hasil uji hipotesis sebesar -0,710 sehingga menunjukkan hubungan yang signifikan antara perilaku bullying dengan kemampuan interaksi sosial siswa kelas V SD Negeri 37 Pekanbaru. Siswa yang mengalami perilaku bullying memiliki permasalahan dengan kemampuan interaksi sosial. Pihak sekolah diharapkan mampu mengatasi perilaku bullying yang terjadi di sekolah.
Kata kunci: perilaku bullying, kemampuan interaksi sosial, siswa sekolah dasar
S001514 | 08 20-72 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain