Penelitian Mahasiswa
Kajian Literatur Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Explicit Instruction Peserta Didik Di Sekolah Dasar
ABSTRAK
Skripsi ini adalah hasil penelitian studi pustaka (library research) yang berjudul “
kajian literatur keterampilan berbicara dengan menggunakan model explicit instruction
peserta didik disekolah dasar”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literatur
tentang keterampilan berbicara dengan menggunakan model explicit instruction peserta
didik disekolah dasar. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kajian litaratur
yang mengkaji keterampilan berbicara dengan menggunakan model explicit instruction.
Penelitian ini didasari dengan sulitnya mencari data lapangan dikerenakan sekolah yang
tutup karena pandemi covid 19 yang melanda kita semua. Subjek penelitian ini adalah
15 artikel yang diterbitkan dijurnal nasional dalam waktu 5 tahun terakhir. Artikel
keterampilan berbicara terdiri dari 7 artikel, model explicit instruction terdiri dari 8
artikel. Dari hasil kajian literatur diperoleh 46,6% merupakan keterampilan berbicara.
Kemudian 53,5% merupakan model explicit instruction. Kebaruan penelitian yang
didapat secara kajian literatur tentang keterampilan berbicara dan model explicit
instruction sesuai dengan teori-teori yang disampaikan ahli-ahli sebelumnya. Dampak
dan impak hasil penelitian menggunakan kajian literatur ini adalah bagi peneliti lainnya
apabila ingin meneliti tentang keterampilan berbicara dan model explicit instruction bisa
memperhatikan saran-saran yang telah diberikan peneliti.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Model Explicit Instruction.
S001512 | 08 20-70 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain