Penelitian Mahasiswa
Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 136 Pekanbaru (Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Deskriptif)
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara penulis
dengan guru maupun siswa di SDN 136 Pekanbaru dijumpai fenomena
bahwa orang tua kurang memberikan dukungan dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di rumah serta orang tua yang kurang peduli terhadap
perkembangan prestasi belajar anaknya, serta orang tua yang cenderung
sibuk dengan aktivitasnya sehingga kurang peduli terhadap kegiatan belajar
anaknya di rumah. Tempat penelitian dilaksanakan di SDN 136 Pekanbaru.
Waktu penelitian dilaksanakan selama 6 bulan dari bulan Maret 2020
hingga Agustus 2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua
orang tua/wali murid kelas V SDN 136 Pekanbaru. Untuk keperluan
penentuan sampel peneliti mempergunakan rumus Slovin dan dari hasil
perhitungan diperoleh sampel sebanyak 64 orang. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket dengan melakukan uji validasi dan reliabilitas.
Teknik analisa data menggunakan rumus persentase dalam menganalisis
data secara deskripstif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan
bahwa partisipasi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di
SDN 136 Pekanbaru tergolong tinggi dengan persentase 66%. Artinya orang
tua menunjukkan keikutsertaannya dalam menunjang motivasi belajar anak.
Partisipasi orang tua tampak dalam keterlibatannya secara nyata dalam
memberikan dukungan kepada anak baik dukungan yang bersifat tenaga,
pikiran maupun bantuan yang bersifat materi. Semua bantuan atau
dukungan yang diberikan oleh orang tua itu diupayakannya sebagai usaha
agar prestasi anak yang diperoleh di sekolah baik atau memperoleh hasil
yang optimal.
Kata Kunci : Partipasi orang tua, motivasi belajar
S001511 | 08 20-69 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain