Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Active Learning Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Materi Teks Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SD Negeri 012 Langgini Kec. Bangkinang Kota)

Rena Rahmadani - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil keterampilan membaca
pemahaman siswa pada materi teks cerita anak di kelas V SDN 012 Langgini.
Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model
pembelajaran Active Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan
peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks cerita
anak dengan menerapkan model pembelajaran Active Learning pada siswa kelas
V SDN 012 Langgini. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dua pertemuan
dan empat tahapan, yaitu perencanaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, jumlah siswa lakilaki 11 orang, dan perempuan 9 orang. Teknik pengumpulan data berupa
dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui
terdapat peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi
teks cerita sebelum tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan membaca
pemahaman hanya 61, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 67,
siklus I pertemuan II meningkat menjadi 79,75. Selanjutnya siklus II pertemuan I
meningkat menjadi 80 dan siklus II pertmuan II meningkat menjadi 84. Maka
dapat disimpulkan penerapan model Active Learning dapat meningkatkan
keterampilan membaca pemahaman siswa dpada materi teks cerita anak kelas V
SDN 012 Langgini.
Kata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Active Learning


Ketersediaan
S00151008 20-68Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-68
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-68
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Keterampilan Membaca Pemahaman
Model Active Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik