Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Active Learning Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Materi Teks Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SD Negeri 012 Langgini Kec. Bangkinang Kota)
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil keterampilan membaca
pemahaman siswa pada materi teks cerita anak di kelas V SDN 012 Langgini.
Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model
pembelajaran Active Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan
peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi teks cerita
anak dengan menerapkan model pembelajaran Active Learning pada siswa kelas
V SDN 012 Langgini. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dua pertemuan
dan empat tahapan, yaitu perencanaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, jumlah siswa lakilaki 11 orang, dan perempuan 9 orang. Teknik pengumpulan data berupa
dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui
terdapat peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa pada materi
teks cerita sebelum tindakan, rata-rata ketuntasan hasil keterampilan membaca
pemahaman hanya 61, lalu pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 67,
siklus I pertemuan II meningkat menjadi 79,75. Selanjutnya siklus II pertemuan I
meningkat menjadi 80 dan siklus II pertmuan II meningkat menjadi 84. Maka
dapat disimpulkan penerapan model Active Learning dapat meningkatkan
keterampilan membaca pemahaman siswa dpada materi teks cerita anak kelas V
SDN 012 Langgini.
Kata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, Model Active Learning
S001510 | 08 20-68 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain