Penelitian Mahasiswa
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Via Daring (Penelitian Tindakan kelas Pada Tema Sub Tema 1 Siswwa Kelas 5 SD Negeri 5 Pekanbaru
Abstrak
Penelitian ini dilator belakangi rendahnya minat belajar siswa pada
pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 58 Pekanbaru. Salah satu
solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan metode
mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar
siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia via daring diterapkan pada kelas
V SDN 58 Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi,
refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan bulan Agustus 2020. Subjek
penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 12 orang, dengan jumlah lakilaki 5 orang, dan siswa perempuan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan
data berupa angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan minat
belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada tema 2 subtema 1.
Hal ini terbukti dari perbandingan hasil ketuntasan klasikal siswa pada
setiap siklus. Pada siklus I menunjukkan 41% atau 5 orang siswa yang
memperoleh skor minat belajar ≥ 23. Pada siklus II, 83% atau 10 orang
siswa yang memperoleh skor minat belajar ≥ 23. Jadi dapat disimpulkan
bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan minat
belajar siswa kelas V di SDN 58 Pekanbaru tahun ajaran 2020/2021.
Kata Kunci : Minat Belajar, Metode Mind Mapping
B00000 | 08 20-67 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain