Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 3 Makanan Sehat Siswa Kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas)
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada
pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas. Salah satu solusi
untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara
siswa dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri 007
Pulau Lawas. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat
tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaa, observasi, refleksi, dan waktu penelitian
dilaksanakan pada bulan juli 2020. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang
berjumlah 14 orang, dengan jumlah laki-laki 6 orang, dan siswa perempuan
berjumlah 8 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi,
observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media gambar
dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas V SD Negeri 007
Pulau Lawas. Pada siklus I hasil keterampilan berbicara siswa tergolong kurang
dengan persentase 50%. Selanjutnya pada siklus II dengan persentase 92.85%
dengan katagori sangat baik. Dari 14 orang siswa hanya 13 orang siswa yang
tuntas dengan ketuntasan klasikal 80,00%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan
berbicara siswa kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas Tahun ajaran 2020/2021.
Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan Berbicara, Media Gambar
S001508 | 08 20-65 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain