Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Peningkatan Keterampilan Pemahaman Membaca Menggunakan Metode Survey, Question, Read,Recite, Review (SQ3R) Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Ekosistem Peserta Didik Kelas V SDN 001 Batam)

Yuyun - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi rendahnya keterampilan membaca
pemahaman peserta didik kelas V SDN 001 Batam Kota. Jenis penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara
kolaboratif dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas V SDN 001 Batam Kota, terdiri dari 26 peserta didik
terdapat 14 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Metode
pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Tes tertulis
digunakan untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman sedangkan
lembar observasi bertujuan mengamati aktivitas peserta didik dan aktivitas
guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R
dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas V SDN
001 Batam Kota. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah
peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal
ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan nilai ketuntasan
klasikal. Nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal siklus I
pertemuan I 66,92 dan 30,76%, siklus I pertemuan II nilai rata-rata 74,03
dengan persentase ketuntasan klasikal 46,15% meningkat pada siklus II
pertemuan I dengan rata-rata nilai 79,80 dengan pesentase ketuntasan
klasikal 73,07% dan meningkat lagi menjadi 92,50 dengan persentase
92,30% siklus II pertemuan II. Dengan demikian penggunaan metode
SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta
didik kelas V di SDN 001 Batam Kota.
Kata Kunci : Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Keterampilan
Membaca Pemahaman


Ketersediaan
S00150608 20-63Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-63
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-63
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Question
Read
Recite
Keterampilan Membaca Pemahaman
Survey
Review (SQ3R)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik