Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Pemahaman Membaca Menggunakan Metode Survey, Question, Read,Recite, Review (SQ3R) Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Ekosistem Peserta Didik Kelas V SDN 001 Batam)
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi rendahnya keterampilan membaca
pemahaman peserta didik kelas V SDN 001 Batam Kota. Jenis penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara
kolaboratif dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas V SDN 001 Batam Kota, terdiri dari 26 peserta didik
terdapat 14 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Metode
pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Tes tertulis
digunakan untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman sedangkan
lembar observasi bertujuan mengamati aktivitas peserta didik dan aktivitas
guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R
dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas V SDN
001 Batam Kota. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah
peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal
ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dan nilai ketuntasan
klasikal. Nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal siklus I
pertemuan I 66,92 dan 30,76%, siklus I pertemuan II nilai rata-rata 74,03
dengan persentase ketuntasan klasikal 46,15% meningkat pada siklus II
pertemuan I dengan rata-rata nilai 79,80 dengan pesentase ketuntasan
klasikal 73,07% dan meningkat lagi menjadi 92,50 dengan persentase
92,30% siklus II pertemuan II. Dengan demikian penggunaan metode
SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta
didik kelas V di SDN 001 Batam Kota.
Kata Kunci : Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Keterampilan
Membaca Pemahaman
S001506 | 08 20-63 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain