Penelitian Mahasiswa
Penerapan Metode Silaba untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Keluargaku Siswa Kelas I SDN 012 Bengkong)
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan membaca permulaan
siswa kelas I SDN 012 Bengkong Batam. Salah satu solusi utuk mengatasi
masalah ini adalah dengan menerapkan metode silaba. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I pada tema Keluargaku dengan
menggunakan metode silaba. Metode peelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yanng dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua
pertemuan dan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi,
refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada 20 November 2019- 28
November 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas I yaitu berjumlah 40 orang.
Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini
disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa dengan tema
Keluarhalu pada siklus I tergolong kurang efektif dengan presentase ketuntasan
siswa 65% dengan nilai rata-rata 72,13. Sedangkan pada siklus II mengalami
peningkatan sangat baik yakni ketuntasan siswa 92,5%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dengan penerapan metode silaba dapat meningkatkan
keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 012 Bengkong.
Kata Kunci : Metode Silaba, Keterampilan membaca permulaan, Siswa sekolah
dasar
S001504 | 08 20-61 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain