Penelitian Mahasiswa
Analisis Implementasi Gerakan Literasi Baca Tulis Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca siswa kelas II (dua)
dan kelas V (lima) Sekolah Dasar Swasta Bodhi Dharma Batam. Salah satu
solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan analisis minat baca
siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala dan hambatan
kurangnya minat baca siswa. Metode penelitian ini adalah dekriptif kualitatif
yaitu sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan
dijabarkan sejara deskriptif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif kerap digunakan
untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadaan secara sosial. Subjek
penelitian ini siswa kelas II (dua) yang berjumlah 24 (dua puluh empat) orang
dan kelas V (lima) yang berjumlah 27 (dua puluh tujuh) orang. Teknik
pengumpulan data berupa lembar observasi siswa, lembar wawancara dan
angket.Selanjutnya dari siswa kelas II (dua) sebanyak 66 % siswa yang
mempunyai minat baca dan kelas V (lima) sebanyak 61 % siswa yang
mempunyai minat baca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa dengan
menggunakan metode dekriptif kualitatif dapat meningkatkan minat baca siswa
pada pembiasaan literasi baca tulis sebelum kegiatan belajar di mulai meskipun
masih ada peserta didik yang belum mempunyai minat baca secara mandiri.
Kata Kunci : Deskriptif kualitatif, analisis implemntasi geraka literasi, terhadap
minat baca
S001503 | 08 20-60 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain