Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Ekosistem Siswa Kelas V SDN 001 Batam Kota)
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis
siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 001 Batam Kota. Salah satu
solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini unutk
memaparkan peningkatan kemampuan berfikir kritis IPA materi ekosistem
dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada siswa kelas V SDN
001 Batam Kota. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat dua
pertemuan dan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi,
refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November selama
dua minggu 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 25
orang, dengan jumlah laki-laki 15 orang, dan siswa perempuan berjumlah
10 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir kritis
siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentasi
pada siklus I pertemuan I mencapai (44%) pertemuan ke II meningkat
menjadi ( 62% ) sedangkan siklus II pertemuan I (80%), dan pertemuan II
meningkat menjadi ( 92% ) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
dengan menerapkan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan
kemapuan berfikir kritis siswa materi ekosistem pada kelas V SDN 001
Batam Kota.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kritis, Model PBL, IPA
S001501 | 08 20-58 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain