Penelitian Mahasiswa
Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas I SDN Tahfizh Qudwatuna)
Abstrak
Skripsi ini membahas tentang kesulitan membaca permulaan pada
Siswa Kelas I Sekolah Dasar Tahfizh Qudwatuna Tahun 2019/2020.
Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan dasar pada jenjang
pendidikan dasar dan sekolah dasar (SD) merupakan satuan pendidikan yang
memberikan kemampuan dasar tersebut sebagaimana yang dinyatakan dalam
Bab II pasal 6 ayat 6 PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar
NasionalPendidikan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni
Kualitatif Deskritif yang mana memaparkan dan menggambarkan hasil
penelitian yang dilakukan. Penelitian ini mendiskripsikan tentang kesulitan
membaca permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Tahfizh Qudwatuna.
Faktor–Faktor yang menghambat Siswa dalam Kesulitan Membaca
Permulaan pada kelas I Sekolah Dasar Tahfizh Qudwatuna banyak
dipengaruhi Malas belajar membaca, Tidak Sekolah Taman Kanak-Kanak dan
Kelurga tidak mendampingi belajar siswa. Solusinya di terapkan guru adalah
memeberikan inovasi-inovasi baru dalam membaca permulaan. Hasil dari
penelitian ini yang melalui observasi, wawancara dengan, Guru kelas I dan
Siswa kelas I Sekolah Dasar Tahfizh Qudwatuna kecamatan Bangkinang
kabupaten Kampar menghasil bahawa secara umum dari 16 siswa Sekolah
Dasar Tahfizh Qudwatuna ada 10 siswa Sekolah Dasar Tahfizh Qudwatuna
yang mengalamai kesulitan dalam membaca permulaan.
Kata kunci : Kesulitan Membaca Permulaan, Siswa Kelas I
S001498 | 08 20-55 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain