Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan kelas dikelas V SDN 025 Tanjung Rambutan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan
menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar pada
siswa Kelas V SDN 025 Tanjung Rambutan. Metode penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus
Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, dan waktu penelitian
dilaksanakan mulai oktober hingga September 2019. subjek penelitian ini
siswa kelas V yang bejumlah 18 orang, dengan jumlah laki-laki 8, dan
siswa perempuan berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data berupa
observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan
keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada kelas V SDN 025
Tanjung Rambutan pada pra tindakan tergolong kriteria kurang dengan
ketuntasan klasikal 16,7% dari 18 orang siswa hanya 3 orang siswa yang
tuntas. Pada siklus I dengan kriteria cukup dengan ketuntasan 66,7% dari
18 orang siswa terdapat 12 orang yang tuntas. pada siklus II tergolong
kriteria baik sekali dengan ketuntasan klaiskal 88,9%, dari 18 orang siswa
terdapat 16 orang yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan media gambar dapat meningktakan keterampilan
menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 025 Tanjung Rambutan.
Kata Kunci : Menulis karangan, Media Gambar, Siswa Sekolah Dasar
S001497 | 08 20-54 | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain