Penelitian Mahasiswa
Faktor -faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pemebalajaran Daring Sekolah Dasar Berbasis Whatsapp Di Kelas III (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Di Kelas III Tema II SDN 009 Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah keingin tahuan peneliti tentang Faktor
Pendukung dan Faktor Penghambat Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp pada
Tema 2 Kelas III SDN 009 Sungai Pagar Kecamatan Kampar Kiri Hilir
Kabupaten Kampar, serta bagaimana memberikan solusi dari hambatanhambantan yang muncul dalam pembelajaran daring. Pembelajaran daring dapat
didefinisikan sebagai upaya menghubungkan peserta didik dengan sumber
belajarnya yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan namun dapat saling
berkomunikasi, berinteraksi atau berkolaborasi secara langsung dan secara tidak
langsung. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif berjenis penelitian lapangan, Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan snowball
sampling adapun alat pengumpulan data yang digunakan obsrvasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam bentuk Faktor Pendukung
Pembelajaran daring berbasis whatsapp adalah; Internet/whatsapp dapat memuat
dan mengirim berbagai bahan pembelajaran seperti video penjelasan, pesan
bergambar, dan pesan suara, Bisa memberikan berkomunikasi dan memberi
instruksi pembelajaran di setiap saat, Siswa dapat mengikuti pembelajaran dari
mana-mana tanpa harus pergi ke sekolah. Adapun Faktor Penghambat
Pembelajaran daring berbasis whatsapp adalah; kuota atau paket data yang cepat
habis, Signal kurang bagus , juga tidak memiliki HP android. Berdasarkan
kesimpulan di atas maka peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut:
Untuk guru kelas III SDN 009 Sungai Pagar agar mengurangi tugas yang
diberikan kepada siswa sehingga tugas tidak menumpuk atau tetap memberikan
tugas tapi dengan jumlah yang sedikit, sementara bagi siswa yang belum atau
tidak paham guru bisa melakukan kunjungan ke rumah siswa baik secara individu
atau secara berkelompok, Untuk orang tua siswa agar terlibat dalam pengawasan
siswa selama pembelajaran daring karena hal tersebut ikut berperan penting
terhadap kesuksesan pembelajaran daring, Bagi sekolah agar menyiapkan tim-tim
guru yang standbye di sekolah untuk membantu siswa-siswa yang berkesulitan
dalam belajar
Kata kuci: Pembelajaran daring, faktor pendukung, faktor penghambat
S001495 | 08 20-52 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain