Penelitian Mahasiswa
Literasi Baca Tulis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDIT Al-Hijrah Bengkong Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema V Fokus Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDIT Al-Hijrah Bengkong Kota Batam)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru meningkatkan
hasil belajar baca tulis pada siswa kelas V SDIT Al-Hijrah Bengkong.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah 31 siswa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa
perempuan kelas V SDIT Al-Hijrah Bengkong. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil
penelitian tindakan kelas pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerita rakyat
dan analisis data yang diperoleh, maka penulis menyimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran literasi secara berkelanjutan dalam dua siklus terbukti
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran Bahasa
Indonesia materi cerita rakyat. Hal ini terbukti dari pencapaian hasil belajar
siswa mengalami peningkatan. Kemampuan Hasil Belajar siswa pada tiap
siklus, siklus I hasil belajar siswa mencapai 70,96% siswa yang mencapai
KKM dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33% siswa yang mencapai
KKM. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 12,37%.
Kata kunci: Literasi Baca Tulis, dan Hasil Belajar
S001494 | 08 20-51 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain