Penelitian Mahasiswa
Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Data Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas V SD IT Fadhilah Amal Pekanbaru
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan
komunikasi matematis siswa pada mata pelajaran Matematika di
kelas V SD IT Fadhilah Amal Pekanbaru. Salah satu solusi untuk
mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model
pembelajaran Make A Match. Tujuan Penelitian ini untuk
mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis
pada materi data dengan menggunakan model pembelajaran Make A
Match pada siswa kelas V SD IT Fadhilah Amal Pekanbaru. Metode
Penelitian ini adalah Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus setiap siklus terdiri dua pertemuan dan empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dan waktu
penelitian dilaksanakan mulai bulan Juli 2020. Subjek penelitian ini
siswa kelas V yang berjumlah 19 orang, dengan jumlah laki-laki 12
orang, dan siswa perempuan bejumlah 7 orang. Teknik pengumpulan
data observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V SD IT Fadhilh
Amal Pekanbaru pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 73,68.
Selanjutnya dari 19 orang siswa hanya 13 orang yang tuntas
sedangkan ketuntasan belajar klasikal 68,42%. Pada siklus II sangat
baik dengan rata-rata 83,32 dan 19 orang siswa terdapat 16 orang
siswa yang tutas sedangkan ketuntasan klasikalnya 89,47%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Data kelas V SD IT
Fadhilah Amal.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Make A
Match, Materi data.
S001492 | 08 20-49 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain