Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Siswa Madrasah Ibtidaiyah (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 3 Tugas Sehari-Hari Materi Satuan Waktu Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Batam)
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada
pembelajaran matematika di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Batam.
Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan
pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan penelitian ini
untuk memaparkan Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika
Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Siswa
Madrasah Ibtidaiyah Batam. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus tedapat dua
pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,
refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November selama
dua minggu 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 20
orang, dengan jumlah laki-laki 8 orang, dan siswa perempuan berjumah 12
orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa mengalami
peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentase pada siklus I
pertemuan I mencapai (20%), pertemuan II meningkat menjadi (50%) sedangkan
pada siklus II pertemuan I (75%), dan pertemuan II meningkat menjadi (85%).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan
Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan minat belajar siswa
pada pelajaran matematika materi satuan waktu pada kelas II Madrasah Ibtidaiyah
Batam.
Kata Kunci : Minat Belajar Siswa, Realistic Mathematic Education (RME)
S001490 | 08 20-47 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain