Penelitian Mahasiswa
Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Materi Pencerminan Pada Siswa Sekolah Dasar ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema IV Fokus Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 004 Bualang Kota Batam
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
eksperimen terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 004 Bulang
Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari
empat langkah menurut Arikunto, dkk yaitu perencanaan (planning),
tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 004 Bulang tahun 2019 yang
berjumlah sebanyak 34 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
tes dan observasi pelaksanaan metode eksperimen dan keaktifan belajar
siswa. Kriteria keberhasilan dari penelitian ini yaitu presentase
Keterampilan Proses Sains dan Keaktifan belajar siswa minimal sebesar
70%. Hasil penelitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkan
Keterampilan Proses Sains dan Keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 004
Bulang. Hal ini terbukti dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa di
siklus I sebesar 61,76%. Sementara itu, pada siklus II aktivitas belajar
siswa mengalami peningkatan menjadi 85,30%. Jadi, peningkatan nilai
yang terjadi sebesar 23,54%. Persentase ketuntasan belajar siswa pada
siklus I menjadi sebesar 61,76% dengan dengan rata-rata nilai 67,06.
Sementara itu, pada siklus II, persentase ketuntasan belajar klasikal
mencapai 82,35% dengan rata-rata nilai 76,65. Dari kedua hasil belajar
tersebut, dapat diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal
meningkat sebanyak 20,59% dan rata-rata nilai meningkat sebesar 9,59.
Penelitian ini dihentikan pada siklus II karena berdasarkan hasil peneliian
pada siklus II, telah berhasil mencapai indikator keberhasilan yaitu
minimal 70% pada presentase ketuntasan belajar dan presentase keaktifan
belajar siswa sehingga tidak dilakukan tindakan siklus III.
Kata kunci: Metode Eksperimen, Keterampilan Proses Sains
S001489 | 08 20-46 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain