Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Tema Tugasku Sehari – hari Siswa Kelas II SDN 006 Bengkong Luat Kec Bengkong Kota Batam Tahun 2019/2020 )
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada
mata pelajaran SBdP di kelas II Sekolah Dasar Negeri 006 Bengkong Laut
Kec Bengkong Kota Batam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini
adalah dengan penerapan strategi Project Based Learning. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pada pelajaran SBdP
siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 006 Bengkong Laut Kec Bengkong,
Kota Batam dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Project Based
Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang
dilaksanakan dalam dua siklus dan dalam tiap siklus terdiri dalam dua
pertemuan. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II
Sekolah Dasar Negeri 006 Bengkong Laut Kec Bengkong Kota Batam
dengan jumlah 35 orang yang terdiri 22 orang laki- laki dan 13 orang
perempuan. Sedangkan objek penelitian adalah upaya peningkatan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran SBdP di Sekolah Dasar Negeri 006
Bengkong Laut Kec Bengkong Kota Batam. Adapun teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diatas, dapat disimpulkan
bahwa penerapan strategi pembelajaran Project Based Learning dapat
meningkatan motivasi belajar SBdP siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri
006 Bengkong Laut Kec Bengkong Kota Batam. Hal ini dibuktikan dengan
meningkatnya motivasi belajar siswa dari 11 indikator motivasi sebelum
dilakukan tindakan motivassi belajar siswa diperoleh rata – rata 69,31%
berada pada interval 66%- 70% dengan kategori Cukup Termotivasi terjadi
peningkatan yaitu pada siklus I yaitu 76,16% berada pada interval 71%- 84%
dengan kategori Termotivasi sedangkan pada siklus II juga terjadi
peningkatan dengan yaitu 78,22% berada pada interval 71%- 84% dengan
kategori Termotivasi.
Kata kunci : Strategi pembelajaran Project Based Learning, motivasi belajar
S001484 | 08 20-41 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain