Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Materi Masalah Geometri Lingkaran pada kelas VI SDS Eppata Batam)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas VI SD Eppata Batam dengan menggunakan
model pembelajaran problem based learning pada materi masalah geometri
lingkaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Eppata Batam tahun
ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus
dilaksanakan 2 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan tes
kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi guru dan siswa sebagai
tingkat keterlaksaan dan pencapaian dalam menggunakan model
pembelajaran problem based learning. Hasil kemampuan pemecahan
masalah dapat dilihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan Siklus II. Pada tes
prasiklus nilai rata-rata siswa 53,77 dengan persentase ketuntasan belajar
23,08%, pada siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa
68,46 dan persentase ketuntasan belajar 61,54%, pada siklus II mengalami
peningkatan lagi dengan nilai rata-rata siswa 77,69 dan persentase ketuntasan
belajar meningkat menjadi 88,46%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada
materi masalah geometri lingkaran di kelas VI SD Eppata Batam.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran
Problem based learning, Matematika
S001482 | 08 20-39 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain