Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Diskursus Multy Representation Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SDN 002 Kuok Kecamatan Kuok)

Firdayani - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas IV SDN 002 Kuok, kemampuan komunikasi
matematis siswa terhadap materi operasi hitung bilangan cacah dengan
menerapkan model Diskursus Multy Representation. Penelitian ini dilatar
belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis pada siswa
kelas IV yang mana berjumlah 11 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan
5 siswa perempuan. Penerapan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
yang mana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik berupa
wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan instrument berupa pedoman wawancara, lembar
tes, lembar observasi serta lembar dokumentasi. Berdasarkan analisis data
dapat diketahui terdapatnya peningkatan dalam kemampuan komunikasi
matematis siswa pada materi operasi bilangan cacah. Sebelum tindakan,
ketuntasan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa hanya mencapai
18,18 % dalam kategori kurang baik. Dalam melaksanakan siklus 1
Pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 27,27 % dalam kategori
kurang baik. Siklus 1 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai
45,45 % kategori kurang baik. Pada siklus 2 Pertemuan 1 ketuntasan hasil
belajar siswa mencapai 63,63 % kategori kurang baik. Sedangkan dalam
melaksanakan siklus 2 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai
90,90 % kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
dengan penerapan model Diskursus Multy Representation dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, model Diskursus Multy
Representation, materi hitung bilangan cacah.


Ketersediaan
S00148108 20-38Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-38
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-38
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Kemampuan Komunikasi Matematis
model Diskursus Multy Representation
materi hitung bilangan cacah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik