Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Diskursus Multy Representation Di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SDN 002 Kuok Kecamatan Kuok)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa kelas IV SDN 002 Kuok, kemampuan komunikasi
matematis siswa terhadap materi operasi hitung bilangan cacah dengan
menerapkan model Diskursus Multy Representation. Penelitian ini dilatar
belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis pada siswa
kelas IV yang mana berjumlah 11 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan
5 siswa perempuan. Penerapan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
yang mana masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik berupa
wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan instrument berupa pedoman wawancara, lembar
tes, lembar observasi serta lembar dokumentasi. Berdasarkan analisis data
dapat diketahui terdapatnya peningkatan dalam kemampuan komunikasi
matematis siswa pada materi operasi bilangan cacah. Sebelum tindakan,
ketuntasan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa hanya mencapai
18,18 % dalam kategori kurang baik. Dalam melaksanakan siklus 1
Pertemuan 1 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 27,27 % dalam kategori
kurang baik. Siklus 1 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai
45,45 % kategori kurang baik. Pada siklus 2 Pertemuan 1 ketuntasan hasil
belajar siswa mencapai 63,63 % kategori kurang baik. Sedangkan dalam
melaksanakan siklus 2 Pertemuan 2 ketuntasan hasil belajar siswa mencapai
90,90 % kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
dengan penerapan model Diskursus Multy Representation dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, model Diskursus Multy
Representation, materi hitung bilangan cacah.
S001481 | 08 20-38 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain