Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 4 Sehat Itu Penting Kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam).
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis
siswa pada mata pelajaran IPS di kels V SDIT Insan Harapan Sagulung
Batam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan
penelitian ini untuk memaparkan peningkatan keterampilan berpikir kritis
IPS materi interaksi sosial dengan menggunakan model pembelajaran PBL
pada siswa kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam. Metode
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Setiap siklus tedapat dua pertemuan dan empat tahap,
yaitu perencanaan, pelakasanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian
dilaksanakan pada bulan November selama dua minggu 2019. Subjek
penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 25 orang, dengan jumlah lakilaki 15 orang, dan siswa perempuan berjumah 10 orang. Teknik
pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa mengalami
peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentase pada siklus I
pertemuan I mencapai (40%), pertemuan II meningkat menjadi (60%) sedangkan
pada siklus II pertemuan I (72%), dan pertemuan II meningkat menjadi (80%).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model
pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa materi
interaksi sosial pada kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam.
Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning
(PBL)
S001480 | 08 20-37 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain