Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema 4 Sehat Itu Penting Kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam).

Desta Marlin - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis
siswa pada mata pelajaran IPS di kels V SDIT Insan Harapan Sagulung
Batam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan
penelitian ini untuk memaparkan peningkatan keterampilan berpikir kritis
IPS materi interaksi sosial dengan menggunakan model pembelajaran PBL
pada siswa kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam. Metode
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Setiap siklus tedapat dua pertemuan dan empat tahap,
yaitu perencanaan, pelakasanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian
dilaksanakan pada bulan November selama dua minggu 2019. Subjek
penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 25 orang, dengan jumlah lakilaki 15 orang, dan siswa perempuan berjumah 10 orang. Teknik
pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa mengalami
peningkatan pada setiap siklus, dimana hasil persentase pada siklus I
pertemuan I mencapai (40%), pertemuan II meningkat menjadi (60%) sedangkan
pada siklus II pertemuan I (72%), dan pertemuan II meningkat menjadi (80%).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model
pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa materi
interaksi sosial pada kelas V SDIT Insan Harapan Sagulung Batam.
Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning
(PBL)


Ketersediaan
S00148008 20-37Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-37
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-37
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
model problem based learning (PBL)
Keterampilan Berpikir Kritis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik