Penelitian Mahasiswa
Peningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata di sekolah dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema : Diriku kelas 1 SDS Estomihi BengkongTahun Pelajaran 2018/2019)
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan membaca permulaan
siswa kelas I SDS Estomihi Bengkong Batam. Salah satu solusi utuk mengatasi
masalah ini adalah dengan menggunakan media kartu kata. Tujuan penelitian ini
untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I pada tema Diriku
dengan menggunakan media kartu kata. Metode penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri
dari dua pertemuan dan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan,
observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada 04 November 2019-
15 November 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas I yaitu berjumlah 31 orang.
Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini
disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa dengan tema Diriku
pada siklus I tergolong kurang efektif dengan presentase ketuntasan siswa 65%
dengan nilai rata-rata 72,13. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan
sangat baik yakni ketuntasan siswa 93,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan
membaca permulaan siswa kelas I SDS Estomihi Bengkong.
Kata Kunci : Media kartu kata, Keterampilan membaca permulaan, Siswa
dasar
S001479 | 08 20-36 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain