Penelitian Mahasiswa
Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 5E (Engagment, Exploration, Elaboration, Evaluation) Terhadap Keterampilan Proses SAINS Peserta Didik (Studi Kasus Eksperimen Pada Tema 1 Pebelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Langgini)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cycle
Learning 5E terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SDN 005
Langgini Bangkinang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
005 Langgini pada bulan September 2020. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SDN 005 Langgini sedangkan sampelnya adalah siswa
kelas IVB dan siswa kelas IVC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian Pretest Posttest Desain Dalam
desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian kelompok
eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran IPA dengan model pembelajaran
Cycle Learning 5E, sedangkan kelompok kontrol dengan model pembelajaran
POE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi
keterampilan proses sains. Hasil penelitian yang diperoleh dan hasil pengujian
statistik yang telah dilakukan diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen
81,25 lebih tinggi dari skor rata-rata posttest pada kelas kontrol 74,4. Hal ini
dibuktikan dengan hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung 2,877 > ttabel 1,714
untuk taraf signifikan 5% atau α = 0,05 sehingga ???????? diterima dan ????0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran Cycle Learning 5E berpengaruh terhadap keterampilan
proses sains siswa.
Kata Kunci: Cycle Learning 5E, Keterampilan Proses Sains.
S001477 | 08 20-34 | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain