Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Pengaruh Model Pembelajaran Cycle Learning 5E (Engagment, Exploration, Elaboration, Evaluation) Terhadap Keterampilan Proses SAINS Peserta Didik (Studi Kasus Eksperimen Pada Tema 1 Pebelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 005 Langgini)

Ranita - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cycle
Learning 5E terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SDN 005
Langgini Bangkinang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SDN
005 Langgini pada bulan September 2020. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SDN 005 Langgini sedangkan sampelnya adalah siswa
kelas IVB dan siswa kelas IVC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian Pretest Posttest Desain Dalam
desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian kelompok
eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran IPA dengan model pembelajaran
Cycle Learning 5E, sedangkan kelompok kontrol dengan model pembelajaran
POE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi
keterampilan proses sains. Hasil penelitian yang diperoleh dan hasil pengujian
statistik yang telah dilakukan diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen
81,25 lebih tinggi dari skor rata-rata posttest pada kelas kontrol 74,4. Hal ini
dibuktikan dengan hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung 2,877 > ttabel 1,714
untuk taraf signifikan 5% atau α = 0,05 sehingga ???????? diterima dan ????0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran Cycle Learning 5E berpengaruh terhadap keterampilan
proses sains siswa.
Kata Kunci: Cycle Learning 5E, Keterampilan Proses Sains.


Ketersediaan
S00147708 20-34Tersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-34
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-34
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Cycle Learning 5E
Keterampilan Proses Sains
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik