Penelitian Mahasiswa
Kajian Literatur Tentang Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Siswa Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kajian literatur tentang hasil
belajar kognitif menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa Sekolah
Dasar. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur. Sumber data ini adalah
artikel-artikel jurnal nasional dalam waktu 5 tahun terakhir yaitu 2015-2020. Hasil
panelitian menunjukkan bahwa terdapat 15 artikel dan display menjadi 4 artikel
tentang hasil belajar kognitif menggunakan model pembelajaran langsung siswa
sekolah dasar. Dari ke 4 artikel tersebut membahas tentang hasil belajar kogniti
dengan menerapkan 6 tingkatan diantaranya 1 artikel menerapkan 6 tingkatan
yaitu C1-C6, artikel 2 menerapkan C1, artikel 3 menerapkan C6 dan artikel 4
menerapkan C4 dan C6. Sedangkan model pembelajaran langsung terdapat 5
langkah menurut teori yang digunakan oleh peneliti, artikel yang sama
menerapkan langkah-langkah model pembelajaran langsung yaitu hanya 2 artikel
diantaranya artikel 1 dan 2 dan untuk artikel 3 dan 4 tidak menjelaskan langkahlangkah model pembelajaran langsung. Maka hasil pembahasan mengenai hasil
belajar kognitif menggunakan model pembelajaran langsung artikel yang sama
dengan peneliti yaitu artikel nomor 1.
Kata Kunci: Kajian Literatur, Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran
Langsung, Siswa Sekolah Dasar
S001475 | 08 20-32 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain