Penelitian Mahasiswa
Peranan Guru Dalam Memotivasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SD 014 Kumantan)
Abstrak
Penelitian ini dilatar bekalangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS di kelas IVSDN 014 Kumantan. Salah satu solusi untuk
mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan Kualitatif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat peranan guru dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS serta seberapa besar pengaruh peranan guru dalam
meningkatkan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS siswa di SDN 014
Kumantan. Penilitian ini dilakukan pada bulan Desember 2018. Subjek
penilitian ini adalah guru yang mengajar pada mata pelajaran IPS SDN 014
Kumantan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi,
Angket.
Dalam hal ini guru menggunakan metode dan media yang menarik dalam
pembelajaran. Penggunaan cara ini sangat mempengaruhi dalam menarik
minat belajar siswa, sehingga siswa termotivasi dalam pembelajaran.
Menciptakan gaya mengajar yang menyenangkan atau lucu, ini dapat juga
menimbulkan semangat belajar, adapun hambatan dalam dalam memotivasi
siswa adalah terbatasannya sarana prasarana sehingga masih banyak
menggunakan pembelajaran manual atau sekedar diskusi tanya jawab dan
ceramah, dan juga hambatan yang paling berpengaruh dalam proses belajar
mengajar
Kata Kunci : Memotivasi Siswa, Peranan Guru dalam Memotivasi Siswa Kelas IV
SDN 014 Kumantan
S001474 | 08 20-31 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain