Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Partisipasi Siswa Melalui Metode Think Pair Share Di Sekolah Dasar ( Penelitian Tindakan Kelas tema 1 Pembelajaran 2 Materi Pentingnya Kerja Sama Siswwa Kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan keterampilan
partisipasi siswa melalui metode think pair share pada pembelajaran PKn
kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru kecamatan tapung kabupaten
Kampar. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali
pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan,
evaluasi, dan waktu penelitian dilaksanakan penelitian ini dikarnakan
sekolah ini mengalami rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam belajar.
Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru yang
berjumlah 27 orang, dengan jumlah laki-laki 15 orang dan jumlah siswa
perempuan 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik obsevasi dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan partisipasi siswa dengan tema
Indahnya kebersamaan kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru,pada pra
tindakan tergolong kriteria kurang dengan ketuntasan klasikal 37 % dari 27
orang siswa hanya 10 orang siswa yang tuntas. Pada siklus I dengan
kriteria cukup dengan ketuntasan klasikal 48,14% dari 27 orang siswa
hanya 14 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II tergolong kriteria baik
dengan ketuntasan klasikal 70,37% dari 27 orang siswa terdapat hanya 19
orang yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode Think Pair Share dapat peningkatan keterampilan
partisipasi siswa kelas IV SDN 023 Muara Mahat Baru.
Kata kunci : Keterampilan Partisipasi, Metode Think Pair Share
S001473 | 08 20-30 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain