Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Materi Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar)

Nelpita Sari - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran
Bahasa Indonesia di kelas II SDN 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang
Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan
menggunakan metode Struktur Analisis Sintesis (SAS). Tujuan penelitian ini
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca
permulaan dengan menggunakan metode struktur analisis sintesis pada siswa
kelas II SDN 016 Kemang Indah. Metode ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga
pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi
dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan September hingga Oktober 2020.
Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 14 orang, dengan jumlah lakilaki 7 orang dan siswa perempuan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpuan berupa
dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar siswa materi membaca permulaan kelas II SDN 016 Kemang Indah
pada siklus I dan siklus II menunjukkan diantaranya sebelum dilakukan tindakan
rata-rata siswa 7,25%. Pada siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 7,27%.
Pada siklus II rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 74,7%. Dari hasil ini
menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode struktur analisis sintesis
(SAS) dikatakan meningkat.
Kata kunci : Membaca Permulaan, Metode Struktur Analisis Sintesis.


Ketersediaan
S00146908 20-26Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-26
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-26
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Membaca Permulaan
Metode Struktur Analisis Sintesis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik