Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Materi Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar)
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran
Bahasa Indonesia di kelas II SDN 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang
Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan
menggunakan metode Struktur Analisis Sintesis (SAS). Tujuan penelitian ini
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca
permulaan dengan menggunakan metode struktur analisis sintesis pada siswa
kelas II SDN 016 Kemang Indah. Metode ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga
pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi
dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan September hingga Oktober 2020.
Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 14 orang, dengan jumlah lakilaki 7 orang dan siswa perempuan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpuan berupa
dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar siswa materi membaca permulaan kelas II SDN 016 Kemang Indah
pada siklus I dan siklus II menunjukkan diantaranya sebelum dilakukan tindakan
rata-rata siswa 7,25%. Pada siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 7,27%.
Pada siklus II rata-rata siswa semakin meningkat menjadi 74,7%. Dari hasil ini
menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode struktur analisis sintesis
(SAS) dikatakan meningkat.
Kata kunci : Membaca Permulaan, Metode Struktur Analisis Sintesis.
S001469 | 08 20-26 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain