Penelitian Mahasiswa
Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di SDN 013 Kumantan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untk memaparkan informasi terkait persepsi guru
mengenai pembelajaran daring. Yang berisikan dampak dan kendala dari
pembelajaran daring baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Informasi didapatkan
dari hasil wawancara yang dilakukan dengan enam orang informan yakninya tiga
orang wali kelas rendah dan tiga orang wali kelas tinggi. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari
penelitian ini mengatakan bahwa pembelajaran daring tidak cocok digunakan pada
tingkat sekolah dasar. Karena pada dasarnya pembelajaran anak sekolah dasar
masih berpusat kepada guru. Pembelajaran daring membuat tujuan pembelajaran
tidak tersampaikan sepenuhnya kepada peserta didik. banyak Masih banyak guru
yang kurang pemahaman dalam IPTEK apalagi guru lama, atau guru tradisional
sehingga pembelajaran daring menjadi tidak menarik. Masih kurangnya sarana
dan prasarana yang mendukung seperti android dan kuota. Adapun dampak dan
kendala yang dialami atau dirasakan oleh peserta didik kelas rendah dan kelas
tinggi lebih kurang sama. Hal yang membedakannya di kelas rendah masih ada
beberapa peserta didik yang masih belum bisa membaca dan menulis, sedangkan
dikelas tinggi semua peserta didik sudah bisa membaca dan menulis.
Kata Kunci : Persepsi, Pembelajaran Daring
S001468 | 08 20-25 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain