Penelitian Mahasiswa
Penerapan Model Kooperatif Tipe Paired Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta didik Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 002 Pasir Sialang)
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan
narasi pesert didik pada fokus pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri
002 Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Salah satu solusi
untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Paired Story Telling. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan
menggunakan model Paired Story Telling pada peserta didik kelas V SD Negeri
002 Pasir Sialang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan
empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek
penelitian ini peserta didik kelas V yang berjumlah 16 orang, dengan jumlah
peserta didik laki-laki 6 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 10 orang.
Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi peserta didik
kelas V SDN 002 Pasir Sialang pada siklus I tergolong rendah dengan rata-rata
69,2. Selanjutnya dari 16 orang peserta didik hanya 8 orang yang tuntas,
sedangkan ketuntasan belajar klasikal 50%. Pada siklus II sudah baik, dengan
rata-rata 78, dan dari 16 orang peserta didik terdapat 12 orang peserta didik yang
tuntas, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 75%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Paired Story Telling dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi
peserta didik kelas V SDN 002 Pasir Sialang.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Paired Story Telling.
S001467 | 08 20-24 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain