Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Penerapan Model Kooperatif Tipe Paired Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta didik Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 002 Pasir Sialang)

Siska Mardhotillah - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan
narasi pesert didik pada fokus pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri
002 Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Salah satu solusi
untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Paired Story Telling. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan
menggunakan model Paired Story Telling pada peserta didik kelas V SD Negeri
002 Pasir Sialang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan
empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek
penelitian ini peserta didik kelas V yang berjumlah 16 orang, dengan jumlah
peserta didik laki-laki 6 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 10 orang.
Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan narasi peserta didik
kelas V SDN 002 Pasir Sialang pada siklus I tergolong rendah dengan rata-rata
69,2. Selanjutnya dari 16 orang peserta didik hanya 8 orang yang tuntas,
sedangkan ketuntasan belajar klasikal 50%. Pada siklus II sudah baik, dengan
rata-rata 78, dan dari 16 orang peserta didik terdapat 12 orang peserta didik yang
tuntas, sedangkan ketuntasan belajar klasikal 75%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Paired Story Telling dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi
peserta didik kelas V SDN 002 Pasir Sialang.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Paired Story Telling.


Ketersediaan
S00146708 20-24Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-24
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-24
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian Mahasiswa S1 PGSD
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Story Te
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik