Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Model Scanning Pada Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran
tematik di kelas V Mi Al-Falah Teratak. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan
menggunakan model scanning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca
pemahaman siswa dengan menggunakan model scanning pada siswa kelas V MI Al-Falah Teratak. Metode
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini
siswa kelas V yang berjumlah 10 orang, dengan jumlah laki-laki 4 orang, dan siswa perempuan berjumlah 6 orang
siswa. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
model scanning dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada kelas V MI Al-Falah
Teratak. Pada siklus I hasil keterampilan membaca pemahaman siswa tergolong kurang dengan persentase 50%.
Selanjutnya pada siklus II dengan persentase 90% dengan katagori sangat baik. Dari 10 orang siswa hanya 9 orang
siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model scanning dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V MI AlFalah Teratak Tahun ajaran 2020/2021.
Kata Kunci: Keterampilan membaca pemahaman menggunakan model scanning
S001465 | 08 20-22 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain