Penelitian Mahasiswa
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Kelas IV SDS Bodhi Dharma Batam (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Sumber Energi)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar melalui model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan
Guru kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDS Bodhi
Dharma Batam, terdiri dari 28 siswa terdapat 14 siswa laki-laki dan 14 siswi
perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,
observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL). Dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV IV
SDS Bodhi Dharma Batam. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan
jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan yaitu (Aktif) dan peningkatan
secara Klasikal. Nilai persentase ketuntasan klasikal yaitu 70%. Siklus I
pertemuan I 35,71% dan siklus I pertemuan II 42,85%meningkat menjadi 67,85%
dan 85,71% pada siklus II pertemuan I dan siklus II pertemuan II. Dengan
demikian melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat
meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV SDS Bodhi Dharma Batam.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL),
Aktivitas Belajar.
S001463 | 08 20-20 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain