Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Pembelajaran Field Trip
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatkan keterampilan
menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Tahfizh Qudwatuna. Salah
satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan metode
field trip. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi. Metode ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. dan waktu penelitian
dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Agustus 2020. Subjek penelitian ini
siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data
berupa wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi menulis karangan
deskripsi kelas IV SD Tahfizh Qudwatuna, pada siklus I dan siklus II
menunjukkan diantaranya sebelum dilakukan tindakan rata-rata siswa 67,1.
Pada siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 73,7. Pada siklus II rata-rata
siswa semakin meningkat menjadi 80,1. Dari hasil ini menunjukkan bahwa
pembelajaran menggunakan metode field trip
Kata kunci: Karangan Deskripsi, Metode Field Trip, Siswa Sekolah Dasar
S001462 | 08 20-19 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain