Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Dengan Meggunakan Model Think Pair Share di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Nongsa
ABSTRAK
Metode Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu metode pembelajaran yang
perlu digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, karena metode think pair share
(TPS) ini dirancang untuk mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu
pertanyaan dari suatu konsep melalui suatu kelompok. Salah satu masalah yang
dihadapi dalam pembelajaran IPA adalah rendahnya aktivitas belajar IPA peserta
didik. Hal ini disebabkan dalam proses belajar mengajar disekolah guru lebih
sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab kemudian kemampuan
peserta didik untuk bertanya atau meminta bantuan dari guru masih kurang.
Perumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apakah melalui penerapan Metode
Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada peserta
didik di SD Negeri 008 Nongsa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah metode think pair share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar
peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 008 Nongsa. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classrom Action
Research karena ruang lingkupnya dalam pembelajaran di sekolah yang
dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Analisis data dalam penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Dilakukan penilaian pada setiap akhir siklus untuk
mengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi dan penguasaan peserta didik
terhadap materi IPA. Hasil penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dapat
ditingkatkan dengan menggunakan metode think pair share (TPS) pada siswa
kelas V SD Negeri 008 Nongsa, hal ini dapat dilihat pada Pra Tindakan siswa
yang hanya mencapai (47,83%) untuk aktivitas siswa. Pada siklus I siswa
persentase ketuntasan sebanyak (64.10%). Dan pada siklus II data aktivitas belajar
siswa berada pada (81.60%) yang sudah termasuk kategori baik. Dan sudah
memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80%. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Thin Pair Share dapat
meningkatkan aktivitas belajar siwa kelas V SDN 008 Nongsa Kota Batam.
Kata kunci : Aktivitas belajar siswa, Metode Think Pair Share, IPA
S001460 | 08 20-17 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain