Penelitian Mahasiswa
Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas dalam Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SDIT Insan Harapan Batam)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial melalui model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
secara kolaboratif dengan Guru kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa kelas IV SDIT Insan Harapan Batam, terdiri dari 27 siswa terdapat 14
siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Metode pengumpulan data
menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis
data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams games Tournament
(TGT) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV SDIT Insan
Harapan Batam. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa
yang mencapai Kriteria Ketuntasan yaitu (MB) dan peningkatan secara
Klasikal. Nilai persentase ketuntasan klasikal yaitu 85%. Siklus I pertemuan I
55.55% dan siklus I pertemuan II 62.96% meningkat menjadi 77.77% dan
88.88% pada siklus II pertemuan I dan siklus II pertemuan II. Dengan
demikian melalui model pembelajaran Kooperatif Teams games Tournament
(TGT) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV di SDIT Insan
Harapan Batam.
Kata Kunci : Kooperatif Tipe Teams games Tournament (TGT),
Keterampilan Sosial.
S001456 | 08 20-13 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain