Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Indonesia MI Al-Muttaqin Tanjung Uma Batam)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan
keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V MI Al-Muttaqin Tanjung Uma
Batam melalui penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual. Jenis penelian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif
dengan observer. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI
Al-muttaqin Tanjung Uma Batam, terdiri dari 25 siswa terdapat 13 siswa laki-laki
dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan ter menulis
dan observasi. Tes menulsi puisi bebas digunakan untuk mengukur keterampilan
menulis puisi bebas sedangkan lembar observasi bertujuan mengamati aktivitas
siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas
siswa kelas V MI Al-Muttaqin Batam. Hal ini di tunjukkan dengan adanya
peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria \ketuntasan Minimum (KKM)
dan peningkatan nilai rata-rata kelas dan Klasikal. Nilai rata-rata dan persentase
ketuntasan klasikal prasiklus 8%, pada siklus I pertemuan I 44% dan meningkat
siklus I pertemuan II 60% dan siklus II pertemuan I meningkat 88% dan 100%
pada siklus II pertemuan II. Dengan demikian penggunaan model peningkatan
keterampilan menulis puisi bebas dengan menggunakan pendekatan kontekstual
siswa kelas V MI Al-Muttaqin Batam. Kata Kunci : Pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan
menulis puisi bebas
S001455 | 08 20-12 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain