Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Pemahaman Konsep pada Pelajaran Matematika Melalui Metode Demonstrasi Siswa Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa
pada pembelajaran matematika tentang bangun ruang menggunakan alat
peraga di kelas II SD Negeri 012 Bengkong Batam. Salah satu solusi untuk
mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode demonstrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap proses belajar
mengajar sehhingga tercapai ketuntasan belajar baik secara individual
maupun klasikal dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Setiap siklus tedapat dua pertemuan dan empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian
dilaksanakan pada bulan November sampai dengan bulan Desember selama
dua minggu 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas II yang berjumlah 39
orang, dengan jumlah laki-laki 23 orang, dan siswa perempuan berjumah 16
orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes
tertulis. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus,
dimana hasil persentase pada siklus I pertemuan I mencapai (35,90%),
pertemuan II meningkat menjadi (51,28%) sedangkan pada siklus II pertemuan I
(61,54%), dan pertemuan II meningkat menjadi (76,92%). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran
matematika di kelas II SD Negeri 012 Bengkong Batam dapat meningkatkan
pemahaman siswa berupa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Metode Demonstrasi, Pembelajaran
Matematika
S001453 | 08 20-10 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain