Penelitian Mahasiswa
Penerapan Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir
kreatif siswa kelas IV SDIT Al-Hijrah Batam. Salah satu solusi untuk
mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Pendekatan Open
Ended. Untuk mengetahui apakah pendekatan open ended dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 4 SDIT AlHijrah Batam. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan
Oktober 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDIT Al-Hijrah
Batam yang berjumlah 35 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 20
orang, dan siswa perempuan berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan
data berupa dokumentasi, observasi, dan penilaian kinerja. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa
pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDIT Al-Hijrah Batam
pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 69,68 Selanjutnya dari
35 orang siswa hanya 24 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal
68,57% Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 82,86 dari 35
orang siswa terdapat 28 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan
klasikal 80% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan pendekatan Open Ended dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Matematika
materi luas gabungan bangun datar di kelas IV SDIT Al-Hijrah Batam.
Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Pendekatan Open Ended, Luas Gabungan
Bangun datar
S001452 | 08 20-09 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain