Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Jln. Tuanku Tambusai No 23, Bangkinang Kota

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian Mahasiswa

Penerapan Pendekatan Open Ended Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Amirtua Hasibuan - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir
kreatif siswa kelas IV SDIT Al-Hijrah Batam. Salah satu solusi untuk
mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan Pendekatan Open
Ended. Untuk mengetahui apakah pendekatan open ended dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 4 SDIT AlHijrah Batam. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari
dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan
Oktober 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDIT Al-Hijrah
Batam yang berjumlah 35 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 20
orang, dan siswa perempuan berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan
data berupa dokumentasi, observasi, dan penilaian kinerja. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa
pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDIT Al-Hijrah Batam
pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 69,68 Selanjutnya dari
35 orang siswa hanya 24 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal
68,57% Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 82,86 dari 35
orang siswa terdapat 28 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan
klasikal 80% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan pendekatan Open Ended dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Matematika
materi luas gabungan bangun datar di kelas IV SDIT Al-Hijrah Batam.
Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Pendekatan Open Ended, Luas Gabungan
Bangun datar


Ketersediaan
S00145208 20-09Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku TambusaiTersedia - Indonesia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
08 20-09
Penerbit
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai., 2020
Deskripsi Fisik
KTI/Skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
08 20-09
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2020
Subjek
Penelitian mahasiswa fakultas ilmu pendidikan
penelitian mahasiswa S1 Gizi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik