Penelitian Mahasiswa
Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 023 Pandau Jaya Kabupaten Kampar Pada Masa Covid-19
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 023 Pandau Kabupaten Kampar pada masa Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian
korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang tua atau wali murid kelas V SD Negeri 023 Pandau Kabupaten Kampar pada masa Covid-19. Teknik pengumpulan data atau alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Penelitian yang dimaksud ini dimaksud untuk mengetahui hubungan antara variabel X terhadap Y dengan menggunkan teknik korelasi
product Moment. Dalam penelitian ini perhatian orangtua dikelompokkan dalam 4 kategori, yaitu sangat sering, sering, jarang dan tidak pernah. Yang menyatakan sangat sering sebanyak 30 orang atau 54.22%, yang menyatakan Sering sebanyak 20 orang atau 35.60%, yang menyatakan jarang sebanyak 4 orang atau 7.10% dan yang menyatakan tidak pernah sebanyak 2 orang atau 3.05%. Dalam penelitian ini prestasi
belajar siswa dikelompokkan dalam 4 kategori, yaitu amat baik, baik, cukup baik dan sangat tidak baik. Nilai siswa yang amat baik sebanyak 11 orang atau 19.64% dan nilai Baik sebanyak 45 orang atau 80.36%. Artinya nilai siswa dalam masa Covid-19 tetap bagus. Perhatian orang tua dengan kedisiplinan siswa memiliki hubungan yang signifikan dimana thitung > ttabel. Perhatian orang tua memiliki hubungan yang
signifikan dengan prestasi belajar siswa dimana thitung > ttabel atau 5.578 > 2.000, maka ditolak artinya ada hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa
Keyword: Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar
S001451 | 08 20-08 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain