Penelitian Mahasiswa
Penerapan Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar IPS pada
siswa kelas IV MI Al-Muttaqin Batam. Salah satu solusi untuk masalah
ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Learning Starts With
A Question. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan,
pelaksanaan dan peningkatan aktivitas belajar IPS melalui Model
Pembelajaran Learning Starts With A Question di kelas IV MI AlMuttaqin Batam. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua
pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada 8 s/d 29 November
2019. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun
ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terdiri
dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada sebelum
tindakan aktivitas belajar IPS pada materi sumber daya alam dan
pesebarannya pada siswa kelas IV MI Al-Muttaqin Batam masih
tergolong cukup aktif dengan persentase 48%. Pada siklus I mencapai
persentase 62% atau tergolong aktif. Pada siklus II aktivitas belajar IPS
materi sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Al-Muttaqin Batam
tergolong sangat aktif dengan persentase 82%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dengan mengunakan model pembelajaran Learning
Starts With A Question dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada
siswa kelas IV MI Al-Muttaqin Batam.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar IPS, Penerapan Model Learning Starts
With A Question, sumber daya alam dan pesebarannya
S001449 | 08 20-06 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain