Penelitian Mahasiswa
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together Peserta Didik Sekolah Dasar
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep
matematika peserta didik kelas IV SDS Bunda Kecamatan Batam Kota. Hal ini
disebabkan karena model pembelajaran belum mampu meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematika peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk
itu diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika
materi penaksiran hasil dari penjumlahan bilangan pecahan dengan menggunakan
model pembelajaran Numbered Head Together peserta didik kelas IV SDS Bunda.
Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapan
yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian
dilaksanakan pada bulan November 2019. Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas IV yang berjumlah 10 orang dengan jumlah laki-laki 3 orang dan perempuan
berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan
tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan
pemahaman konsep matematika materi penaksiran hasil dari penjumlahan
bilangan pecahan peserta didik kelas IV SDS Bunda dengan menggunakan model
pembelajaran Numbered Head Together pada siklus I tergolong tinggi dengan
rata-rata 72,39. Selanjutnya dari 10 orang peserta didik hanya 7 orang yang tuntas
dengan ketuntasan klasikal 70%. Pada siklus II tinggi dengan rata-rata 79,99 dari
10 orang peserta didik terdapat 10 orang yang tuntas belajar dengan ketuntasan
klasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan pemahaman
konsep matematika materi penaksiran hasil penjumlahan bilangan pecahan kelas
IV SDS Bunda.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Numbered Head
Together, Penaksiran Hasil dari Penjumlahan Bilangan Pecahan.
S001448 | 08 20-05 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain