Penelitian Mahasiswa
Kajian Literatur Tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah
matematika pada siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran
matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learnig
(PBL). Metode penelitian ini adalah metode penelitian kajian literatur. Tahapan
kajian literatur ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data,
pembahasan, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 artikel dari
tahun 2015-2020 tentang model Problem Based Learning (PBL) dan pemecahan
masalah didapatkan 14 artikel yang sesuai dengan teori dasarnya. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut yang dilakukan peneliti tentang pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika disekolah dasar, didapatkan peningkatan rata-rata sebesar
9,9635 dari rata-rata awal 52,23 menjadi 66,9 dengan keseluruhan rata-rata
presentase gain sebesar 24,30%. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika di sekolah dasar.
Kata Kunci: Literatur, Pemecahan Masalah, Problem Based Learning
S001447 | 08 20-04 | Perpustakaan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | Tersedia - Indonesia |
Tidak tersedia versi lain